7KA2wVmfD46tLXROz6iytLpgfA5SdPnQPMCkzpDM

Analisis SWOT Untuk Mencapai Kesuksesan Dalam Bisnis

Bismillah...


SWOT adalah analisa untuk pengembangan bisnis anda, dengan swot kita akan mengetahui kekuatan, kelemahan, kesempatan dan tantangan perusahaan anda dimasa depan.

SWOT
S   : Strenght (Kekuatan)
W : Weakness (Kelemahan)
O  : Opportunity (Kesempatan/Peluang)
T   : Threat (Kelemahan)

Analisa Swot biasa digunakan untuk analisis pasar, dalam anlisis swot dibagi menjadi dua, internal dan eksternal

Strenght dan Weakness adalah hal yang mempengaruhi internal
Opportunity dan Threat adalah hal yang mempengaruhi eksternal


Penjelasan Gambar :
Strenght dan Weakness adalah hal yang mempengaruhi internal, semakin ke kanan/positif maka semakin baik, semakin ke kiri makan semakin buruk (negatif).

Opportunity dan Threat adalah hal yang mempengaruhi eksternal, semakin ke atas/positif maka semakin baik, semakin ke bawah (negativ) maka semakin buruk.

Strenght dan Weakness adalah hal yang mempengaruhi internal, 

strenght berarti mengukur apa saja kelebihan produk yang kita miliki. misalnya, produk kita lebih murah tapi tetap berkualitas.

Weaknes berarti mencari kelemahan produk kita. Dalam hal ini maka kita di tekankan untuk mengevaluasi produk yang kita hasilkan. Kita harus mengetahui kelemahan produk kita dan segera memperbaiki kelemahannya.



Opportunity dan Threat adalah hal yang mempengaruhi eksternal, 

Opportunity berarti kita harus memperhatikan bagaimana peluang produk kita diluar, apakah banyak atau sedikit, hal-hal apa saja yang akan mendukung perkembangan perusahaan. Misanya, apakah masyrakat akan suka, masih belum ada perushaan yang menghasilkan produk yang kita hasilkan, pesaing sedikit dll.

Threat berarti kita harus melihat ancaman apa saja yang akan kita hadapi dalam membangun perusahaan kita, misalnya apakah tempatnya aman, tidak bising, pajak mahal dll.

Untuk mengetahui apa saja hal-hal yang mempengaruhi maka kita bandingkan, Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat .
contoh (Tulis hal2 yang mempengaruhi)
Strenght (Kekuatan) :
1. Murah
2. Bekualitas
3. .......
4. .......
dst.

Weakness (Kelemahan) :
1. Barangnya sedikit
2. ...........
3. .......
4. .........
dst.

Opportunity (Peluang) :
1. Masyarak sangat menyukai
2. Pesaing sedikit
3. ..........
4. ........
dst. 

Threat (Anacaman) :
1. Temapatnya banyak preman
2. Pajak malah
3. Pesaing sangat banyak
4. .........
dst.

Setelah kita mengetahui hal-hal diatas maka bandingkan, Strenght, Weakness, Opportunity, Threat.
mana yang paling sedikit dan mana yang paling banyak,

Dengan mengetahui hal-hal diatas maka kita akan mengetahui langkah apa yang harus kita ambil agar perusahan menjadi berkembang.


Kita dapat menentukan posisi perusahan kita  menggunakn analisis swot.

Dalam analisis swot ada 4 nial kuadrat :  I, II, III, IV

Kuadrat I (Poin Strenght dan Opportunity mendominasi)
Berarti Produk kita Strenght (Kuat) dan Opportunity (mempunyai peluang besar), Produk bagus dan banyak yang menyukainya, maka langkah yang kita ambil adalah Agresif, produksi barang sebanyak-banyaknya serta peromosikan ke banyak orang.

Kuadrat II (PoinStrenght dan Threat mendominasi )
Berarti Produk kita Bagus tapi ancamanya/peasaing banyak, maka langkah yang kita ambil adalah defernt, berusaha agar orang lain memilih produk kita.

Kuadrat III (Poin Weakness dan Threat mendominasi)
Produk kita lemah (jelak) dan ancaman (pesaing dll) banyak, biasnya perusahan seperti ini melakukan langkan defensif (bertahan tidak melakukan pengembanga terlebih dahulu).

Kuadrat IV (Weakness dan Opportunity mendominasi)
Produk kita jelek tapi memiliki peluang yang banyak, banyak yang butuh (karena tidak ada pesaing) maka langkah yang kita diambil adalah kembali dan memperbaiki kualitas produk.

Untuk mengetahui kita ada di posisi mana, kita bisa melakukan kuesener/bertanya kepada konsumen.









Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment