7KA2wVmfD46tLXROz6iytLpgfA5SdPnQPMCkzpDM

Tips Betah Di Pesantren


Tips Betah di Pesantren

1. Niat kerena mencari ridha Allah SWT

Niat adalah sesuta yang sangat penting, karena yang menentukan amalan diterima atau ditolak. Niat karena Allah lah yang paling tepat dalam hal ini, agar amal kita tidak sia-sia dan bermanfaat di kemudian hari.

2. Ingat pesan Orang tua

Tak ada orang tua yang memasukan anaknya kepesantren karena benci, tapi justru sebaliknya. Orang tua memasukana anaknyan kepesantren adalah karean sayang. Mereka ingin anak-anak nya berkembang di lingkungan yang baik dan diharapkan setelah kembali dapat menyebarkan kebaikanya kepada keluarga dan masyarakat dikampung halamanya.

3. Ikuti peraturan Yang berlaku di pesantren.

Tujuan pesantren membuat aturan adalah untuk menjadikan para santri/murid menjadi manusia yang disiplin. Sehingga merekan akan merasakan kemudahan-kemudahan dalam menghadapi tantangan dimasa depan. Santri/murid yang tidak mau mengikuti peraturan, pasti akan merasakan ketidaknyaman. Yang pada akhirnya membuatnya tidak betah dipesantren.

4. Berdoa memohon kekutan untuk mengahadapi Ujian/Cobaan

Ujian/Cobaan pasti akan menghampiri setiap orang, semakin besar imanya semakin besar pula cobaanya. Begitu juga santri di pesantri yang pasti akan menghadapinya. Oleh karena itu banyak-banyaklah berdoa agar lancar dalam menghadapinya.

5. Ikuti kegitan ekstrakululikuler yang disenangi.

Kegitan ekstrakulikuler merupakan kegiatan yang penting, karena dengan mengikutinya para santri akan mempunyai target-target yang harus dicapai melalui kegiatan yang senangi. kejenuhan pun akan hilang dan berubah menjadi kegembiraan. So... Ikutilah kegiatan ekstrakulikuler yang disenangi.


6. Cari teman yang baik, jangan menyendiri.

Taman merupak faktor penting, teman yang baik akan mengajak pada kebaikan. Teman yang "jahat" akan mengajak pada kejahatan. So cari teman yang baik ya.

Di pesantren jangan pernah melakukan kegiantan secara sendiri, kalian barus bersosialisasi. Seperti Makan bersama, belajar bersama, megakat barang besar bersama dll.
And tambahan terakhir JANGAN PELIT. (:

7. Dekati ustad/guru.

Ustad adalah pembimbing kalian di Pesantren, mereka adalah pengganti orang tua. Oleh karena itu dekatilah mereka.

8. Sabar


9. Ingat masa depan


10. Saling memahami antar teman

12. Disiplin/Jangan malas

13. Patuhu Guru/Ustad
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment