7KA2wVmfD46tLXROz6iytLpgfA5SdPnQPMCkzpDM

Sedekah Sang Lebah


Bismillah


Bayangkan, Anda bekerja keras, tak kenal lelah, tak kenal waktu. Mengumpulkan sedikit demi s edikit harta. Hingga setelah terkumpul, anda hanya bisa menikmati sebagian kecilnya saja, sedangkan sebagian besar lainya diambil orang lain. Pati ada perasaan marah dan tidak terima, bahkan mungkin anda akan mengutuk orang yang secara tega mengambil harta anda.

Namun, tidak dengan lebah madu. Ya, madu adalah minuman bernutrisi tinggi yang bisa menjadi obat. Kita tentu sering meminumnya, kan?  Ternyata lebah hanya memanfaatkan 10% dari madu yang dihasilkan dan menyedekahkan 90% nya untuk manusia. Subhanallah!

Dan sedekah dari lebah adalah sedekah yang terbaik, dari hasil kerja yang paling keras. Madu adalah satu-satunya cairan yang memiliki nutrisi lengkap, meliputi enzim, vitamin, mineral, dan air, serta satu-satunya yang berisi "pinocerbrin", suatu antioxidant yang meningkatkan fungsi otak.

Selain madu, lebah juga menghasilkan Bee Pollen yang dijuluki sebagai superfood atau inti kehidupan. Ada pula Royal Jelly yang sangat kaya collagen, yang berguna untuk meremajakan ses-sel tubuh, dan Propolis super antioksidan yang kaya biovlavanoid.

Untuk memeperoleh hasil tersebut lebah madu benar-benar bekerja keras. Seekor lebah madu mampu terbang dengan dengan kecepatan 23 km/jam dan menjelajah hingga 10 km dari sarang, untuk mengumpulkan nektar dari bunga. Setiap hari, lebah harus mengunjungi 50 sampai 100 bunga. Padahal membutuhkan 4 juta bunga untuk mendapatkan 1 kilogram madu.

"Dan dari perut lebah keluar minuman (madu) yang bermacam-macam waranya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang yang memikirkan," (Qs. An Nahl; 69)

Demikianlah, lebah adalah pekerja keras tak kenal lelah. Menghasilakan sesuatu yang sangat berharga, yang sangat berlimpah jika hanya dikonsumsi sendiri. Mereka pun ihklas menyedahkan hasil kerja kerasnya kepada manusia. Nah, bagaiman dengan kita? Sanggupkan meneladani sedekah sang lebah?...




Sumber: Majalah Ar risalah

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment