7KA2wVmfD46tLXROz6iytLpgfA5SdPnQPMCkzpDM

Makanan Yang Berbahaya Bagi Ginjal


Ginjal ibarat pengolah limbah bagi tubuh kita. Dua organ kecil yang terletak di dalam pinggang ini berfungsi menyaring limbah dari darah dan mengeluarkan melalui urin. Sayangnya, seringkali perilaku kita justru berperan untuk membuat ginjal menjadi tak sehat. Misalnya, dengan mengkonsumsi beberapa makanan berikut.

DAGING
Makan daging terlalu sering dan terlalu banyak, dan juga diet protein, ternyata berpotensi merusak ginjal. Metabolisme protein hewani didalam daging membuat kerja ginjal menjadi berat. Sehingga ginjal kesulitan menyaring limbah tubuh.

Makanan kaya protein hewani juga dapat meningkatkan resiko asam urat. Dan, asam urat adalah salah satu penyebab umum dari batu ginjal.

GARAM
Garam yang masuk ke dalam tubuh akan direspon ginjal dengan menahan air yang mengencerkan elektrolik di aliran darah. Hal tersebut dapat menggangu fungsi jantung dalam memompa darah ke tubuh.

PEMANIS BUATAN
Konsumsi pemanis buatan yang terkandung dalam soda, misalnya, bias menurunkan fungsi ginjal hingga 2 kali lipat.

MINUMAN BERSODA
Minuman bersoda dan minuman energi dapat meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal. Orang yang minum dua atau lebih minum bersoda atau minuman berenergi lainya setiap hari, beresiko tinggi terkena penyakit gijal kronis.

KAFEIN
Kafein dalam teh, kopi, soda dan makanan lain juga dapat membebani kerja ginjal. Kafein akan merangasng aliran darah yang dapat meningkatkan tekanan darah dan sters pada ginjal. Mengkonsusmsi kafein dalam jangka panjang juga meningkatkan resiko terjadinya gagal ginjal kronis, obesitas, diabetes dan pembentukan batu ginjal.

Karenanya, bijklah dalam mengkonsumsi makanan. Jangan berlebihan. Serta, perbanyak konsumsi air putih. 





Sumber:
(dhe: meetdoctor.com)
Majalah Ar risalah











Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment