7KA2wVmfD46tLXROz6iytLpgfA5SdPnQPMCkzpDM

KEAJAIBAN PENCIPTAAN UNTA



أَفَلَا يَنْظُرُ إِِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ
"Maka apakah tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan"
(Qs. Al Ghasiyah: 17)




Unta merupakan ciptaan yang sangat menakjubkan, ia mempunyai kekuatan yang sangat dasyat. Namun demikian, ia sangat lentur untuk dijadikan sebagai sarana mengangkut beban yang berat, dagingnya dapat dimakan, kulitnya bermanfaat, dan susunya dapat diminum.

Apa kelebihan unta dibanding binatang-binatang ternak lainya di dunia ini sehingga Allah menyebut unta secara khusus?



BULU MATA ANTI DEBU
Mata unta memiliki dua lapisan bulu mata. Bulu mata ini saling kait seperti perangkap dan melindungi matanya dari badai pasir yang kuat. Selain itu unta mampu menutup lubang hidungnya, Sehingga pasir tidak dapat masuk.

KEKUATAN UNTUK BERTAHAN
Unta mampu berjalan setiap hari 50 mil selama lima hari berturut tanpa makan (Sejarak Mekah ke Madinah) dan mampu mengankut barang bawaan 0.5 Ton.

PUNUK PENYIMPAN MAKANAN 
Punuk unta menyediakan sari makanan bagi hwan ini secara berkala ketika ia mengalami kesulitan makanan dan kelaparan. Unta dapat hidup tiga pekan tanpa Air. Selama masa ini, unta kehilangan 33% dari berat badanya.

BULU PEKA CUACA
Unta memiliki bulu tebal yang tidak hanya melindungi tubuhnya dari kondisi cuaca dingin maupun panas, tetapi juga mengurangi kehilangan air dari tubuh. Dengan bulu tebalnya, unta dapat bertahan hidup dengan suhu hingga 50 C di musim panas dan hingga -50 C di musim dingin.

BIBIR DAN LAMBUNG YANG KUAT
Unta memiliki bibir yang sangat kuat dan mirip karet, yang memungkinkan memakan duri yang cukup tajam. Disamping itu, unta memiliki lambung berbilik empat dan sistempercernaan yang sangat kuat, yang mampu mencerna apa pun yang ia makan.

HIDUNG PENYERAP LEMBAB
Unta mampu mengkonsumsi air hingga 30 liter (sepertiga dari berat badanya), dalam waktu kurang dari 10 menit. Unta memiliki struktur selaput lendir dalam hidunya sehingga mampu menyerap 66% kelembapan yang ada di udara.

STRUKTUR KAKI YANG TERLINDUNGI
Kaki unta memiliki dua jari kaki yang dihubungkan dengan bantalan elastis. Struktur ini meungkinkan unta mencengkram tanah dengan erat dan tidak terprosok. Lututnya tertutup kapalan yang terbentuk dari kulit sekeras dan setebal tanduk. Ketika hewan ini berbaring di pasir yang panas, struktur ini melindunginya dari luka akibat permukaan tanah yang sangat panas

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment