PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH 2 CIPINING
A.PENDAHULUAN
Keberadaan pesantren dalam
lingkungan masyarakat merupakan sarana yang ikut serta dalam pembentukam watak
dan kepribadian bangsa Indonesia yang bernilai dasar Islam. Dengan pengolahan
sistem pendidikan secara modern kian mapan dirasakan menunjang pendidikan
nasional pada saat ini.
Pondok Pesantern
Darunnajah Cipining terletak di Desa Argapura Kecamatan Cigudeg Bogor merupakan
salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan mempersiapkan generasi muda
sebagai kader bangsa yang IMAMA ( Imam,
Muttaqin, Alim, Mubaligh, Amil ) di masa datang dengan menerapkan sistem
pendidikan dan pengajaran yang terpadu.
Sehubungan dengan hal
itu pendidikan dan pengajaran di pesantren Darunnajah Cipining senantiasa tidak
hanya berpijak pada ilmu pengetahuan, baik pengetahuan agama maupun pengetahuan
umum dengan harapan agar santri dapat memahami sekaligus mempelajari
problematika yang terjadi pada masyarakat dengan disiplin ilmu yang ditekuni,
namun juga kepada aplikasi kehidupan sosial, dimana para
santri dididik untuk dapat berorganisasi. Dengan harapan nantinya santri mampu
hidup ditengah masyarakat dengan mengamalkan keahlian serta keterampilan sesuai syariat dan selalu
berpedoman pada Kitab Suci Al Qur’an yang diperoleh dari lingkungan pesantren.
B. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini adalah :
‘’Rihlah Ubudiyyah dan Silahturahmi santriwan Tahfidzul qur’an’’
C. TUJUAN
Adapun tujuan secara khusus yang hendak dicapai diantaranya sebagai
berikut :
- Meningkatkan keimanan kepada Allah atas segala
anugrah nikmat kepada kita semua, Khususnya berupa alam semesta ini.
- Menjalankan salah satu program kerja Tahfidzul
Qur’an
- Mempererat Tali Silaturahmi dan memperluas Ukhuwah
Islamiyah.
- Mempelajari dan mendalami kegiatan
keorganisasian Lembaga Tahfidz Al Quran.
- Memperaktikan dan mengaplikasikan hal-hal yang
dapat menjaga peserta terhadap pemahaman dan hafalan Tahfidz Al Qur’an.
- Memperluas nilai
Kependidikan dan Kepengasuhan.
D. SASARAN KUNJUNGAN
Dalam Study Banding ini Pesantren yang akan
dituju adalah :
1. Pondok Pesantren
Husnul Khotimah
2. Pondok Pesantren
Multazam
Adapun kunjungan Rihlah yang akan di tuju
adalah :
“Water Park Kuningan”
E. WAKTU DAN TEMPAT
Hari / Tanggal : Jum’at - Sabtu, 30-31 Oktober 2015
Lokasi : Ds. Manis
Kidul Kec. Jalaksana Kab. Kuningan Jawa Barat
F. PESERTA
Peserta kegiatan Rihlah terdiri dari Ustadz pembimbing Tahfidzhul Qur’an dan santriwan
Tahfidzul Qur’an sebanyak 59 Orang.
1.
Asatidz : 5 Orang
2.
Santriwan : 54 Orang
Jumlah : 59 Oran
G. SUSUNAN KEGIATAN
H. ANGGARAN KEGIATAN
Adapun sumber dana dari kegiatan ini :
- Iuran santri Tahfidzul Qur’an :
Rp.200.000 X 54 = Rp 10.800.000
- Kas Tahfidzul Qur’an :
Rp.600.000 = Rp 600.000
- TU Keuangan (makan x 5) :
Rp.15.000 X 54 = Rp 810.000 +
JUMLAH =
Rp 12.210.000
Dengan rincian sebagai berikut:
NO
|
KETERANGAN
|
VOLUME
|
SATUAN
|
JUMLAH
|
|
1
|
Tranportasi
x 2 hari
|
1
|
Bus
|
Rp
6,000,000
|
Rp
6,000,000
|
2
|
Makan
|
315
|
Box
|
Rp
10,000
|
Rp
3,150,000
|
3
|
Snack
|
61
|
Box
|
Rp 5,000
|
Rp
305,000
|
4
|
Obat
- obatan
|
1
|
Set
|
Rp
100,000
|
Rp
100,000
|
5
|
Cendramata
|
2
|
Buah
|
Rp
100,000
|
Rp
200,000
|
6
|
Tiket
Rihlah
|
59
|
Buah
|
Rp
40,000
|
Rp
2,360,000
|
7
|
Lain
- lain
|
Rp
95,000
|
|||
TOTAL
|
Rp
12,210,000
|
CATATAN PERJALAN SILATURAHMI DAN
RIHLAH MUNAZHOMAH SANTRI TAHFIDZUL AQUR’AN
29
Oktober 2015
Pukul
20.00
Kami berkumpul dirumah pimpinan pondok pesantren yaitu bapak KH.
Jamhari Abdul Jalal, Lc untuk sesi briefing dan nasehat selama di perjalanan
dengan suasana penuh khidma, Setelah itu kami melakukan persiapan untuk esok
hari.
30 Oktober 2051
Pukul 02.50
Perjalanan dimulai dengan membaca doa
bersama dan pengabsenan, untuk kelancaran bersama dengan ditemani udara dingin yang
menusuk.
Pukul 04.40
Dalam
perjalanan menuju kuningan kita berhenti di rest area guna melaksanakan sholat shubuh berjamaah dan
melanjutkan perjalanan dengan suasana yang hening karena suasana yang dinging
membuat kita terlelap dalam lautan kursi.
Pukul 06.23
Allamdulilah
kita sampai di rest area selanjutnya untuk melaksanakan makan bersama yang di
bawa dari pondok tercnita.
Pukul 09.17
Alhamdulilah sampe di kabupaten
kuningan tetapi tidak langsung menuju
pesantren husnul khotimah, karena ustadz di pesantren tersebut sedang libur pada
hari Jumat dan adanya ketika pada sore hari. Jadi kita gunaka untuk melaksanakan ISOMA dan rihlah ketika sore mau tiba baru kita
berangkat menuju pondok pesantren husnul
Pukul
15.15
Tiba di pondok pesantren Husnul khotimahdan disambut dengan hangat oleh pra
santri sineor dan ustadz yang adadan menuju masjid guna melaksanakan sholat asar berjama’ah.
Ketika
usai sholat langsung menuju tempat yang di sediakan, di sana kami mendapatkan
penjelasan tengtang tahfidz yang ada di Husnul Khotiamah dan tanya jawab
tentang Tahfidzul Qur’an.
Pukul
17.50
Selesai melaksanakan sosialisasi dan
dijanjutkan dengan ISOMA
Pukul
19.30
Sering antar pengurus apa kegiatan yang
dilakukan setiap harinya di pondok masing- masing.
Pukul
21.19
Istirahat dan tidur karena banyaknya
kegiatan yang di lakukan pada hari itu.
31
oktober 2015
Pukul
04.00
Melaksanakan sholat shubuh berjama’ah dan
di lanjutkan dengan melihat lihat apa yang di lakukan santri husnul khotimah
pada waktu ba’da shubuh, mereka melakukan halaqoh tilawah al qur’an.
Pukul
06.30
Brifing dengan ustadz gianto dan
dilanjutka dengan MCK.
Pukul
07.40
Perpisahan dengan ustadz- ustadz dan para
mudabir dengan di lanjutkan pemberian
kenang kenangan dan dilanjutkan dengan berangkat menuju pesantren Al Multazam.
pukul 07.55
Tiba
di pesantren Al Multazam dan di lanjutkan dengan menuju tepat yang telah di
tentukan dan di lanjutkan dengan Penjelasn tentang progam tahfidz yang ada di
Pondok pesantern Al Multazam dan tanya jawab .
pukul 09.40
Perpisahan dan dilanjutkan dengan
pemberian kenang kenangan dan
dilanjutkan dengan berfoto bersana dengan guru Al Multazam.
09.46
Perjalana menuju
yayasan karantina Tahfidz Nasional dan dilanjutkan dengan sering tentang bagaimana
bisa menghafal Al quran dalam sebulan dan penjelasan progam-progam yayasan
karantina Tahfidz Nasional. (disini kita di tawari mengadakan progam ini di
Darunnajah, Mungkin waktunya bisa diambil ketika liburan ).
Pukul
11.03
Perpisahan yang dilanjutkan dengan menuju
obnyek wisata cimbulan..
Pukul
12.00
Melakukan ISOMA dan di lanjutkan dengan pemberangkatan
menuju pesantren Darunnajah cipining .
Pukul
17 55
Berhenti di rest area guna melaksanakan
ISOMA dan menghirup udara dingin di malam hari.
Pukul
22.00
Tiba di pondok pesantren Darunnajah 2
cipining dengan keadaan selamat alhamdulillah.
ANGKET
WAWANCARA TAHFIDZUL QUR’AN
1. Bagaimana struktur Tahfidz dan Progam
kerjanya?
2. Bagaimana sistem Tahfidz untuk anak sekolah?
3. Bagaiman Metode yang baik untuk di terapkan?
4. Adakah progam konseling yang di husuhkan
untuk anak yang melanggar?
5. Bagaimana progam penguatan hafalan yang baik?
6. Kapan waktu yang sesuai untuk tasmi’ dan
takrir?
7. Bagaimana cara takrir yang efektif?
8. Bagaiman progam mengulang hafalan secara
berjama’ah?
9. Apakah ada
progam tahsin Qiroah ? Bagaimana sistemnya?
10. Adakah Progam target hafalan?
11. Adakah Kurikulum dalam progam tahfidzul Quran?
12. Adakah Sistem ujian? Pengetesan? Adakah progam
khusus?
13. Adakah
progam seminar Motivasi dalam sistem menghafal?
14. Adakah kompetisi untuk progam tahfidzul quran?
15. Berapakah Setandar Minimal penyetoran hafalan
(Tasmi’) per satu kali tatap muka?
16. Berapakah standar minimal mengulang hafalan (
Takrir) per satu kali tatap muka?
17. Bagaimana cara memotivasi diri agar selalau
semangat dalam menghafal Al quran?
18. Adakah Amalan Khusus Untuk mengutan hafalan Al
quran?
19. Bagaimana cara membagi waktu yang efektif
,untuk mengulang dan menambah hafalan jika hafalan sudah cukup banyak?
20. Apasaja yang harus dihindari bagi penghafal AL
Quran?
21. Apasaja faktor- fakto pendukung bagi penghafal
Al quran?
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN RIHLAH
MUNADZOMAH
DI PONDOK PESANTREN HUSNUL KHOTIMAH,
PONDOK PESANTREN AL MULTAZAM DAN YAYASAN KARANTINA TAHFIDZ NASIONAL
Ø
PONDOK PESANTREN
HUSNUL KHOTIMAH
A.
Aspek Positiv :
·
Adanya Pembagian-pembagian
tingkat dalam progam tahfidz al quran sesuai dengan kemampuan santri.
1.
Kelas super takhossus, Pertemuan
2x dalam sehari, ba’da subuh dan ba’da Asar. (santri mampu menghafalkan al
quran minimal 5 juz dalam 1 semester, mengkhatamkan al quran dalam waktu 3
tahun ).
2.
Kelas Takhossus, pertemuan 1x
dalam 1 hari ba’da Asar. (santri mampu menghafal al quran minimal 2 juz dalam 1
semester).
3.
Kelas Reguler ( wajib bagi
seluruh santri yang tidak mengikuti progam super takhossus dan takhossus ), pertemuan 5x dalam sepekan pada saat jam
pertama KBM. ( santri wajib menghafal al quran minimal ½ juz dalam 1
semester,dan menyelesaikan hafalan muqorror 5 juz di kelas XII ).
·
Adanya sistem yang tegas (
diturunkan tingkat, jika tidak mencapai target ).
·
Santri yang lulus dari pondok
pesantren Husnul khotimah wajib hafal minimal 5 juz Al quran dan hadits Arbain
( Syarat Kelulusan Kelas XII ).
·
Adanya kegiatan khusus menghafal
Al quran di kelas pada saat KBM jam pertama, 5x dalam sepekan.
·
Adanya Holaqoh alquran ba’da
shalat magrib, tilawah al quran sebanyak 1 juz setiap hari. ( Bagi seluruh
santri).
·
Adanya kesinambungan antara
hafalan dan lapor sekolah.
·
Adanya kegiatan seminar Motivasi
Tahfidz Al Qur’an (1x dalam 1 bulan).
·
Adanya program tahsin Al Qur’an
yang efektif, yaitu dengan menggunakan metode UMMI.
·
Lingkungan yang bersih.
·
Wisuda resmi bagi santri yang
sudah menyelesaikan hafalan 30 juz.
B.
Aspek Negativ :
·
Kurangnya pengunaan bahasa arab
dan bahasa inggris.
·
Kurangnya Kerapian seragam.
C.
Hal yang dapat kita ambil dan
dapat diaplikasikan di Darunnajah :
§ Semangat
menghafal yang tinggi dimana saja dan kapan saja tidak hanya di masjid saja
tapi juga di kelas.
§ Istiqomah
dalam menghafal Al quran.
§ Membiasakan
Tilawah, 1 hari minimal 1 juz.
§ Adanya
Tahsinul Qiroah sebelum menghafal Al quran.
Ø PONDOK PESANTREN AL MULTAZAM
A.
Asapek Positiv :
·
Adanya Holaqoh Tarbawiyah.
·
Progam Tahsin Al quran bagi
seluruh santri baru.
·
Tidak boleh ziyadah jika tidak
melakukan setoran murojah.
·
Setoran muroja’ah minimal 5
halaman perhari.
·
Adanya sima’an setiap akhir
pekan, perorang 5 juz.
·
Adanya setoran wajib sebanyak 2x
selam sehari yaitu setoran muroja’ah dan setoran ziyadah.
·
Adanya Perlombaan Tahfidz interen
setiap akhir semester 2. ( 10 juz, 15 juz, dan 20 juz )
·
Adanya kegiatan Khotmil qur’an
bagi santri yang akan diwisuda.
·
Aadanya Kegiatan Upgrading,
mendatangkan pakar Al qur’an. ( Tri wulan )
·
Adanya kegiatan Mukhoyyam Al
Qur’an pada saat bulan Ramadhan.
·
Adanya Kegiatan hataman Al Quran setiap akhir bulan.
B.
Asapek Negativ :
Ø Tidak
adanya jadwal pembacaan Al quran.
Ø Pengunaan
bahasa resmi kurang ( Inggris dan Arab )
C.
Hal yang dapat kita ambil dan
dapat di aplikasikan di Darunnjah :
Ø Diadakanya
Setoran sebanyak 2x dalam sehari, yaitu setoran muroja’h dan Setoran ziyadah.
Ø Setoran
muroja’ah minimal 5 halaman dalam sehari.
Ø Diadakan
tasmi’ jam’i setiap
akhir pekan, sebanyak 5 juz / orang.
Ø Mengadakan
Lomba Tahfidz Interen.
Ø Mengadakan
kegiatan khotmil quran bagi santri yang akan diwisuda.
Ø Mengadakan
kegiatan Upgrading, mendatangkan pakar Al qur’an.
Ø Mengadakan
kegiatan Mukhomyyam Al quran saat bualan Ramadhan, untuk memantapkan hafalan
santri.
Ø YAYASAN KARANTINA TAHFIDZ NASIONAL
A.
Aspek Positiv :
·
Semangat menghafal Al qur’an yang
tinggi.
·
Mampu menghafal Al quran dengan
cepat, dengan sistem percepatan. ( sebulan 30 juz )
·
Adanya karantina Tahsin Pada hari
Minggu dan hari Sabtu.
·
Adanya kegiatan sanadisasai Al
Quran.
·
Rihlah seminggu sekali.
B.
Aspek Negatif :
·
Kurangnya kegiatan ( hanya Quran
saja ).
C.
Hal yang dapat kita ambil dan
dapat diaplikasikan di Darunnajah :
·
Semangata menghafal yang tingg
·
Diadakan kegiatan karaktina Al
quran, pada saat liburan sekolah atau akhir pekan berkerjasama dengan Yayasan
karantina Tahfidz Nasional.
Foto
Kegiatan
Kegiatan di
Pondok Pesantren Husnul Khotimah
|
Foto bersama
Pimpinan Yayasan Karantina Tahfidz Nasional
|
Pemberian
Kenang-kenangan kepada Pimpinan Pondok Pesantren Husnul Khotimah
|
Foto bersama Pengurus OSHK (Organisasi Santri Husnul
Khotimah
|
I.
Penutup
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang
telah memberikan kami nikmat yang indah sehingga kami bisa menyelesaikan
laporan pertanggungjawaban rihlah munadzomah tersebut. Dan
terimakasih pula yang sebesar-besarnya kepada bapak Pimpinan Pondok Pesantren
Darunnajah 2 Cipining, beserta Staff Pengasuhan Santri, para wali kelas dan
seluruh pembimbing yang telah mengadakan Rihlah Munadzomah ini. Dan kami juga
ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya apabila selama Rihlah Munadzomah ini
banyak terdapat kekurangan yang dapat menganggu kenyamanan para Ustadz beserta
seluruh pembimbing sekalian. Harapan
kami dengan adanya Rihlah Munadzomah ini, kami dapat menjadi Santri Tahfidzul
Qur’an yang lebih baik dari sebelumnya. Dan kami juga berharap, dengan
selesainya Rihlah Munadzomah ini kami bisa mengaplikasikan hal-hal yang positif
atas segala pengetahuan yang kami dapatkan selama Rihlah Munadzomah.
Demikian laporan ini kami sampaikan kurang
lebih nya mohon maaf.
Bogor,08 November 2015
Sekretaris,
M Hanif Nurrohman
|
Bendahara,
Deda Hasan Suryana
|
Pembimbing,
Ust. Giyanto
|
Ketua,
M Fajar Dzikriansyah
|
Mengetahui,
Ka. Biro Pengasuhan
Santri,
Ust.
Muhlisin Ibnu Muhtarom, S.H.I
|
Pembina Asrama,
Ust.
Musthofa Zhahir, Lc
|
Menyetujui,
Pimpinan Pondok Pesantren,
K.H. Jamhari Abdul Jalal, Lc
|
3 comments