7KA2wVmfD46tLXROz6iytLpgfA5SdPnQPMCkzpDM

Kisah Hijrah







Bismillah

Ketika kita melihat seorang akhwat atau ikhwan yang berjenggot, tidak isbal, berhijab syar'i, bahkan bercadar
Pertanyaan pertama yang keluar dari orang disekitar adalah "ALUMNI PESANTREN MANA?"
.
Sungguh aku ingin bisa menjawab pertanyaan itu
Tapi aku tidak bisa
.
Aku bukan alumni pesantren mana pun
Aku tidak pernah mondok dimana pun
Aku si fakir ilmu yang baru hijrah dan berusaha untuk istiqomah
.
Ilmuku memang sedikit
Aku tidak pernah belajar secara formal
Namun aku berusaha untuk belajar dimana pun itu
Aku berusaha untuk memperdalam ilmu agamaku
Meski pun banyak yang memandang sebelah mata
.
Allah Yang Maha membolak-balikkan hati manusia
Aku hijrah dan bertahan hingga sekarang karena Allah
Meski pun tanpa mondok di pesantren mana pun
.
Sedih? Iri?
Iya!
Karena hijrah bagi mereka yang tidak pernah menyentuh bangku pesantren sangat sulit
Mereka harus mengais-ngais ilmu
Mereka harus sering belajar
Handphone dan laptop mereka penuh dengan ceramah-ceramah para ustadz/ah
Mereka harus menguatkan diri mereka sendiri untuk istiqomah
.
Mereka yang sudah sampai ke tahap ini tidaklah mudah
Mereka harus menguatkan mental
Mereka harus mencari-cari teman yang shalih /shalihah
Mereka harus merangkak dan bangkit sendiri dari masa jahiliyah
.
Namun, jangan pernah merasa berkecil hati ya akhi wa ukhty
Ilmu bisa dicari dimana saja
Namun untuk istiqomah itu sangat sulit
La tahzan innallaha ma'ana
Pertahankan apa yang sudah kau pakai saat ini
Dan jalankanlah syariat Islam
Karena kita tidak pernah tahu, amalan mana yang akan membawa kita ke jannah-Nya
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment