7KA2wVmfD46tLXROz6iytLpgfA5SdPnQPMCkzpDM

TATA CARA MELAUKAN WUDHU



1.     Apabila seorang muslim hendak mau berwudhu maka hendaknya membaca “Bismillahirrohmanirohim” sebab Rasullah SAW bersabda “ Tidak sah wudhu orang yang tidak menyebut nama Allah’ dan apabila ia lupa maka tidaklah mengapa. Jika hanya mengucapakan “Bismillah” saja maka dianggap cukup.
2.     Kemudian di sunnahkan mencuci kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali sebelum memulai wudhu.
3.     Kemudian berkumur-kumur.
4.     Lalu menghirup air dengan hidung lalu mengeluarkan. Disunahkan ketika menghirup air dilakukan dengan kuat kecuali jika dalam keadaan berpuasa maka ia tidak mengeraskan karena dikhawtirkan air masuk kedalam tenggorokan. Rasullah bersabda “ Keraskanlah didalam menghirup air dengan hidung kecuali jika kamu sedang berpuasa”.
5.     Membaca Niat
اَعُوْذَ بِااللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِنَوَيْتُ اْلوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِفَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالىٰ.Artinya : “Aku Niat berwudhu untuk menghilangkan Hadast kecil, fardhu karena Allah”.6.     Lalu membasuh muka. Batas muka adalah dari batas tumbuhnya rambut kepala bagian atas sampai dagu dan mulai dari batas telinga kanan hingga telinga kiri. Dan jika rambut  yang ada pada muka tipis maka wajib dicuci hingga kulit dasarnya. Tetapi jika tebal maka wajib mencuci bagian atasnya saja namun disunnahkan mencelah-celahi jenggotnya disaat berwhudu.
7.     Kemudian mencuci kedua tangan sampai siku karena Allah berfirman “Dan kedua tanganmu hingga siku”
8.     Kemudian mengusap kepala beserta kedua telinga satu kali dimulai dari bagian depan kepala lalu diusapkan kebelakang kepala lalu mengembalikanya kedepan kepala. Setelah itu langsung mengusap kedua telinga dengan air yang tersisa pada tanganya.
9.     Lalu mencuci kedua kaki sampai kedua mata kaki karena Allah berfirman “dan kedua kakimu hingga dua mata kaki”. Yang dimaksud mata kaki adalah benjolan yang ada disebelah bawah betis. Kedua mata kaki tersebut wajib dicuci berbarengan dengan kaki. Orang yang tangan atau kakinya terpotong maka ia mencuci bagian yang tersisa yang wajib dicuci. Dan apabila tangan atau kakinya itu terpotong semua maka cukup mencuci bagian ujungnya saja.
10.   Ketiaka berwudhu wajib mencuci anggot-anggota wudhunya secara berurutan tidak menunda pencucian salah satunya hingga yang sebelumnya kering. Hal ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan Ibnu Umar zaid dan Abu Hurairah bahwa Nabi senantiasa berwhudu secara berurutan kemudian beliau bersabda “Inilah cara bereudhu dimana Allah tidak akan menerima sholat seseorang kecuali dengan berwudhu seperti ini”.
11.   Boleh mengelap anggota-anggota wudhu seusai berwudhu. Namun jika ingin mendapatkan sunnahnya maka biarkan saja, jangan di lap.
12.   Membaca Do’a setelah berwudhu :
اَشْهَدُ اَنْ لَآ  اِلٰهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهٗ لاَشَرِيْكَ لَهٗ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهٗ وَرَسُلُهٗ اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهَّرِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَArtinya “ Aku bersakasi tiada tuhan melainkan Allah yang tunggal, tiada sekutu baginya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah Jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadiakanlah aku
dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.

SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment